Senin, 09 Maret 2009

10 kiat mempertahankan daya ingat

Berikut ini adalah 10 makanan yang dapat mempertahankan daya ingat anda agar tetap baik.. here we go :


1.Kedelai

kedelai mengandung isoflavon yang dapat bertindak sbg reseptor esterogen dalam otak manusia, terutama dalam hippocampus sbg area penting untk memori sehingga bentuk hubungan saraf baru lebih siap.


2.Zat besi

penurunan konsumsi zat besi dapat memiliki dampak detrimental pada tingkat IQ karena zat besi memainkan peranan penting dalam merubah signal dalam otak.


3.Kopi

kopi merangsang banyak daerah dalam otak yg dapat mengatur tetap terjaga, rangsangan, mood dan konsentrasi.


4.Latihan mental

rangsangan mental dapat menjaga otak sehat dan meningkatkan kekuatan daya ingat. contohnya: bermain puzzle, teka-teki, de el el...


5.Latihan fisik

1/2 jam melakukan latihan fisik sebanyak 3 kali dalam seminggu cukup berdampak pada peningkatan kekuatan otak.


6.Mengunyah permen karet

para peneliti jepang menemukan bahwa aktifitas dalam hippocampus mengalami peningkatan saat orang sedang mengunyah permen karet.


7.Ginkgo biloba

menurut Dr. George Lewith. ginkgo biloba dapat memperbaiki sirkulasi darah ke otak.


8.Minyak ikan

minyak ikan banyak mengandung asam lemak omega 3 yg merupakan komponen penting dari membran sel otak dan dapat memperbaiki kekuatan daya ingat.


9.Rosemary dan sage

minyak dari tumbuhan ini dapat merangsang memori, memperkuat kejernihan dan kesadaran dan membantu menyembuhkan ke-capean mental.


10.Vitamin B

Vit. B mampu mempertajam dan meningkatkan daya ingat. Niacin atau B3 sangat baik untuk memperkuat daya ingat otak, sementara B6 penting untuk memproduksi neurotransmitter terutama untuk meningkatkan mood. B12 baik untuk kesehatan otak secara keseluruhan.

by: moka92 ( dari berbagai sumber )

0 komentar:

Posting Komentar